Menteri PANRB Ajak Masyarakat Kurangi Beban BPJS dengan Hidup Sehat

Beban BPJS

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur saat jalan santai di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (13/2/2018). FOTO: Kemenpan-RB

YOGYAKARTA-BISNISKINI: Defisit pembiayaan pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus terjadi setiap tahun. Beban BPJS pun terus membengkak dari tahun ke tahun. Salah satu faktor kerugian yang diderita BPJS adalah minimnya kesadaran hidup sehat di kalangan masyarakat, khususnya pemuda.

Hal itu diungkapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur di sela-sela kegiatan jalan santai di lingkungan kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (13/2/2018)

Untuk itu, Menteri PANRB mendorong dan mengajak generasi muda termasuk pelajar untuk bergaya hidup sehat. Untuk bisa mendapatkan hidup sehat salah satunya dengan rutin berolahraga, serta menjaga pola makan yang dikonsumsi setiap harinya.

“Dengan gaya hidup sehat, generasi muda dapat memilki motivasi untuk membuat terobosan serta semangat dalam beraktivitas. kemudian dapat membuat seseorang memiliki terobosan dan inovasi dalam suatu hal,” ujarnya.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, bahwa dengan gaya hidup sehat yang diterapkan, masyarakat dapat mengurangi beban yang ditanggung BPJS Kesehatan, karena dengan kondisi badan yang prima akan menjauhi segala macam penyakit. “Dengan olahraga dan pola hidup sehat dapat mengurangi beban BPJS, karena masyarakat sendiri tidak akan mudah sakit,” ujarnya. ia juga menambahkan, setidaknya dengan persentase kesehatan yang lebih tinggi dibanding yang sakit, beban BPJS semakin ringan.

Seperti diketahui, sepanjang tahun 2017 lalu, BPJS kesehatan mengalami kerugian yang cukup besar. Setidaknya, hingga November 2017 lalu, seperti dikutip dari DetikFinance, BPJS Kesehatan tekor sekitar Rp 9 triliun.(CR-01/ZAL)

FOLLOW US ON:
Penertiban Bangunan
Aksi Droping Point
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT