Mahasiswa UGM Kembangkan Platform Budidaya Ikan Air Tawar

Budidaya Ikan Air Tawar

Empat mahasiswa UGM, Yogyakarta mengembangkan platform kolamkita.com untuk meningkatkan produksi budidaya air tawar di Indonesia. FOTO: RISTEKDIKTI.GO.ID

YOGYAKARTA-BISNISKINI: Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta mengembangkan platform kolamkita.com untuk meningkatkan produksi budidaya ikan air tawar di Indonesia.

Platform dikembangkan menggunakan teknologi modern, aquaculture, oleh Kharirotul Suhaila dan Rasyidin Caniago dari Departemen Perikanan, Fak Pertanian dan Sahala Wahyu Wardana serta Ema Nur Afifah dari Departemen ELINS FMIPA.

Seperti dikutip dari Info-Iptek-Dikti di ristekdikti.go.id, Senin (12/02/2018), platform kolamkita.com sukses menyabet dua penghargaan sekaligus di ajang Thailand Inventor’s Day pada 2-6 Februari 2016 lalu, di Thailand.

Di ajang ‘Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition’ tersebut, mereka memperoleh medali emas dan special award dari Polandia.

Suhaila mengatakan, pengembangan kolamkita.com berawal dari keprihatinan terhadap berbagai persoalan budidaya ikan di masyarakat. Tak sedikit yang mengalami kebingungan saat ingin untuk melakukan budidaya ikan.

“Kami membuat kolamkita.com karena melihat banyaknya persoalan dalam budidaya ikan,” kata Suhaila di Kantor Humas UGM, Senin (12/02/2018).

Minimnya pengetahuan membuat masyarakat sulit mengembangkan budidaya ikan. Persoalan lainnya adalah kesulitan untuk mendapatkan lahan, ditambah lagi dengan permasalahan pemasaran pasca panen.

Kondisi itu mendorong Suhaila bersama dengan tiga rekannya mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mereka akhirnya mengembangkan sebuah platform yang dapat menjawab berbagai persoalan budidaya perikanan dalam satu wadah yakni kolamkita.com.

Sahala menambahkan, kolamkita.com memiliki tiga layanan utama, yakni menyediakan informasi budiaya ikan, paket budidaya ikan dan jasa pemasaran pasca panen.

Melalui layanan infromasi budidaya ikan ini masyarakat dapat memperoleh informasi yang valid dan terkini, seperti persiapan kolam, penyebaran benih, dan beragam informasi lainnya.

Berikutnya, menyediakan kebutuhan dan paket budidaya ikan. Bahkan pembuatan konstruksi kolam dengan teknologi terkini yang aplikatif yaitu kolam boosteraerasi untuk budidaya lele dan gurami.

“Kita menyediakan layanan konstruksi kolam dengan sistem booster yang dapat dikembangkan di lahan sempit dan bisa menampung lebih banyak ikan,” katanya.

Juga memudahkan pembuangan kotoran dan pergantian air dengan menggunakan sistem central drain. Saat ini platform kolamkita.com masih dalam tahap pengembangan dan rencananya segera dirilis pertengahan 2018 ini. (CR-01)

Berbekal Media Sosia
Presiden Minta Indon
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT