Kota Kediri Mereposisi Jadi Kota Pendidikan

kota pendidikan

Mulai tahun 2018, Pemerintah Kota Kediri berupaya mewujudkan impiannya yakni mereposisi Kota Kediri sebagai kota pendidikan. FOTO: BISNISKINI/AYU CITRA SR

KEDIRI-BISNISKINI: Mulai tahun 2018, Pemerintah Kota Kediri berupaya mewujudkan impiannya yakni mereposisi Kota Kediri sebagai kota pendidikan.

“Dulu, Kota Kediri terkenal menjadi kota perdagangan, jasa, dan pariwisata. Tapi sekarang, reposisi Kota Kediri sebagai kota perdagangan, jasa, dan kota pendidikan,” kata Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat meresmikan Gedung Adipadma, di Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Bhakti Wiyata Kota Kediri, Selasa (13/2/2018).

Kondisi itu, jelas dia, diketahui setelah dilakukan observasi. Dari situ pula, ternyata diketahui potensi yang dimiliki oleh Kota Kediri yakni pada sektor perdagangan, jasa, dan pendidikan.

“Kalau zaman dulu Kota Kediri pernah juga disebut kota pariwisata. Namun situasinya sekarang kurang cocok, karena tidak banyak tempat wisata di sini,” katanya.

Bentuk reposisi ini, ungkap dia, terbukti banyak kampus terbaik yang berdiri di Kota Kediri. Salah satunya IIK Bhakti Wiyata ini. Adanya IIK ini diyakini membantu meningkatkan human development indeks Kota Kediri yang di atas human development indeks nasional.

“Semoga IIK terus berkembang dan terus menjadi yang lebih baik lagi. Dan prestasi mahasiswanya terus bertambah sehingga membawa nama baik Kota Kediri,” ujarnya.

Dia menambahkan, berdirinya kampus IIK di daerah Barat Sungai Brantas ini, diharapkan sekaligus memberi dampak ekonomi kepada masyarakat sekitar.

“Misalnya ada banyak bermunculan usaha kos-kosan, laundry dan penjual makanan, sehingga dapat membantu perekonomian di sekitar,” katanya.

Perlu diketahui, lanjut dia, Gedung Adipadma IIK Bhakti Wiyata Kediri ini dilengkapi berbagai fasilitas memadai. Seperti halnya ruang perkuliahan, mini hospital, dan laboratorium. Ada pula ruang perpustakaan, gedung olahraga, serta auditorium.

Sementara itu, turut hadir dalam acara peresmian tersebut, Ketua Yayasan Bhakti Wiyata, rektor beserta civitas akademisi kampus IIK Bhakti Wiyata. (AYU CITRA SR/ZAL)

Pembangunan Kawasan
Tingkatkan Pelayanan
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT