Berbekal Media Sosial, Yuni Bidik Generasi Milenial Pecinta ‘Pentol’

pentol ayam

Yuni, penjual pentol ayam yang berasal dari Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri. FOTO: BISNISKINI/AYU CITRA SR

KEDIRI-BISNISKINI: Jajanan ‘pentol’ atau sering disebut ‘cilok’ memang terbukti tak pernah lekang oleh waktu. Dari masa ke masa hingga ke berbagai daerah, penganan berbentuk bulat kecil dan memiliki rasa gurih itu tetap dicari penggemarnya termasuk generasi milenal.

Salah satunya diungkapkan Yuni, penjual pentol ayam yang berasal dari Desa Kaliboto, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri.

Perempuan berhijab ini mengaku, setiap hari rata-rata dia mampu menjual hingga 17 kilogram pentol ayam. Angka penjualan ini dapat diraihnya karena besarnya semangat dan kemampuannya dalam menjangkau pasar.

“Apalagi produk yang saya jual telah terbukti disukai banyak lapisan masyarakat,” kata Yuni, penjual pentol ayam, di Kabupaten Kediri, Selasa (13/2/2018).

Di sisi lain, perkembangan dunia teknologi di era digital seperti sekarang sangat membantunya dalam melakukan ekspansi pasar. Oleh karenanya, dia tak berhenti belajar untuk menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran.

Seperti halnya, dengan aktif menawarkan produk yang didatangkan dari Kabupaten Jombang, melalui jejaring pertemanan Facebook. Dari usaha inilah, meski kondisi cuaca di Kabupaten Kediri tak menentu, tapi permintaan pasar selalu ada setiap hari.

“Terlebih lagi, saat musim penghujan tiba, biasanya pesanan makin meningkat. Hal ini karena umumnya konsumen malas memasak, jadi mereka lebih memilih memesan via online dan saya akan mengantar barangnya,” katanya.

Mengenai kendala penjualan, hal itu pernah dialami Yuni waktu harga daging ayam sangat mahal. Tapi, harga jual pentol ayam ini tetap ditawarkan Rp 30.000 per 1 kilogram.

“Hal ini karena saya tidak mau kehilangan pelanggan,” katanya.

Meski demikian, dari kegigihan Yuni berjualan, hingga kini masyarakat yang sudah memesan produk tersebut tak hanya berasal dari sekitar rumah. Namun semakin meluas, mulai di sejumlah daerah di Kabupaten Kediri hingga Kabupaten Nganjuk.(AYU CITRA SR/ZAL)

POST TAGS:
FOLLOW US ON:
Tahun Ini, Jiwasraya
Mahasiswa UGM Kemban
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT