Antisipasi Pemadaman, PLN Area Kediri Gencar Melakukan Perabasan Pohon

Perabasan Pohon

PT PLN (Persero) Area Kediri gencar melakukan perabasan pohon, guna mengantisipasi pemadaman listrik di areanya. FOTO: BISNISKINI/AYU CITRA SR

KEDIRI-BISNISKINI: Pada awal tahun 2018, kondisi cuaca di Kota Kediri dan sekitarnya cenderung tidak menentu. Oleh karena itulah, PT PLN (Persero) Area Kediri gencar melakukan perabasan pohon, guna mengantisipasi pemadaman listrik di areanya.

“Hal ini kami lakukan di sejumlah jalan utama di kawasan ini. Misalnya, yang berpotensi bisa mengganggu aliran kabel listrik,” kata Supervisor Operasi dan Distribusi PLN Area Kediri, Sukron Mashudi, di Kediri, Jumat (12/1/2018).

Sukron Mashudi mengaku, memang cuaca ekstrem pada musim penghujan seperti sekarang, seringkali berdampak negatif pada jaringan listrik. Terlebih hal ini bisa menjadi salah satu faktor munculnya gangguan listrik.

“Apalagi jika ada banyak pohon yang menjulang tinggi dan mengenai kabel milik PLN,” ujarnya.

Untuk itu, tambah dia, pihaknya secara rutin melakukan perabasan pohon di berbagai sudut kota Kediri. Tujuannya, supaya masyarakat tetap bisa memanfaatkan listrik secara normal.

“Bahkan, sekaligus mewujudkan komitmen kami, yakni meminimalkan pemadaman listrik, kecuali karena faktor gangguan atau bencana alam,” katanya.

Di sisi lain, Sukron Mashudi mengimbau, masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan ulah oknum, yang mengaku sebagai petugas PLN. Lantaran pada saat ini, mereka gencar menawari masyarakat untuk memeriksa instalasi bangunan atau rumah. Ada pula yang meminta masyarakat membeli beragam instalasi listrik.

“Seperti halnya alat penambah daya, box meter, hingga mengaku bisa melakukan penambahan daya di lapangan. Tapi saat si korban lengah, mereka dengan mudah mengambil barang berharga milik korbannya,” katanya.

Padahal sampai sekarang, lanjut dia, tanggung jawab yang diemban PLN, hanya berhenti sampai di alat kWH meter saja. Setelah itu, semua tugas di luar wewenang PLN.

“Untuk itu, kami harap jika pelanggan menemui oknum seperti ini maka ada baiknya segera melapor ke kantor PLN terdekat sehingga tidak makin meresahkan dan merugikan masyarakat,” katanya.(AYU CITRA SR/ZAL)

Redam Gejolak Harga
Tertinggi, Realisasi
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT