Gelar Makan Ikan Bersama, Yayasan Hang Tuah Harap Siswa Rutin Makan Ikan

Makan Ikan Bersama

MAKAN IKAN SERENTAK: Pelajar TK Hang Tuah menyantap hidangan ikan saat kegiatan makan ikan serentak di SMA Hang Tuah 1, Surabaya, Kamis (11/1/2018). FOTO: BISNISKINI/AHMAD MUKTI

SURABAYA-BISNISKINI: Mengonsumsi ikan dipercaya sangat bermanfaat bagi kecerdasan, terlebih di usia produktif. Untuk itu, satuan pendidikan (Satdik) yang berada di bawah keberadaan Lantamal (Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut) yang tersebar di wilayah Indonesia menggelar acara makan ikan bersama, Kamis (11/1/2018).

Bertempat di SMA Hang Tuah 1 Surabaya, acara makan ikan serentak yang bertepatan dengan hari ulang tahun Yayasan Hang Tuah ke-71 ini diikuti oleh 28.206 siswa seluruh Indonesia.

Pembina Yayasan Hang Tuah Endah Ade Supandi mengatakan, pihaknya berharap acara ini untuk meningkatkan antusias makan ikan bersama. “Harus ada keterlibatan orang tua, guru dan para siswa terkait pentingnya mengonsumsi ikan. Acara ini diikuti dari Sabang sampai Merauke, dan kami monitor melalui teleconference, semuanya terbukti suka makan ikan,” kata istri KSAL Laksamana Ade Supandi, Kamis (11/01/2018).

Menurutnya, gemar makan ikan ini bertujuan untuk mencerdaskan generasi muda. Seperti asam lemak yang berbeda dengan sumber lemak lain. Contohnya makan daging sapi 100 Gram dengan ikan maka akan berbeda. Karena di ikan mengandung asam lemak tak jenuh ganda.

“Daging yang lain tidak punya. Asam lemak tak jenuh bisa mengikat asam lemak yang jahat dikeluarkan lewat kotoran. Dan berfungsi untuk melindungi kapiler pembuluh darah,” ujarnya sambil menambahkan ikan mengandung omega 3 yang berguna untuk pertumbuhan otak dan tulang.

Sebanyak 38 cabang-cabang tersebut antara lain Belawan, Sabang, Dumai, Padang, Bengkulu, Jakarta, Cirebon, Lampung, Panjang, Tanjung Pinang, Tangjung Uban, Batam, Dabo Singkep, Tanjung Balai Karimun, Surabaya, Batu Porong, Semarang, Malang, Tegal, Grati, Cilacap, Banyuwangi, Makassar, Kendari, Kupang, Mataram, Menado, Ambon, Tual, Jayapura, Biak, Merauke, Timika, Pontianak, Tarakan, Banjarmasin, Balik Papan. Selain itu ada Satdik dibawah binaan PP Yayasan Hang Tuah antara lain SD Hang Tuah 8, SMP Hang Tuah 5, SMK Hang Tuah 2, SMK P Jaya dan SMA Hang Tuah 1 (semuanya berada di Jakarta).

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Pur) Amri Husaini selaku pemimpin yayasan tersebut menyampaikan bahwa dengan menjadi pelopor gemar makan ikan lantaran laut Indonesia sangat kaya dan melimpah akan aneka ragam hayati biota laut, khususnya ikan.

“Minimal sekali seminggu menu makanan anak-anak diolah dengan dasar ikan. Generasi muda bisa sehat, pintar, cerdas karena suka makan ikan, sebab kaya akan protein dan sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan, maupun bagi orang dewasa,” katanya.

Selain makan ikan, digelar juga berbagai lomba dengan tema “Kebaharian”, antara lain lomba mewarnai bagi siswa TK hingga kelas 3 SD, lomba menggambar bagi siswa kelas 4-6 SD, lomba mengarang, membuat puisi (bagi guru), mendesain baju kerja, serta mendesain baju batik.(SANDHI/ZAL)

Menkeu: Penelitian J
Menperin: Pacu Indus
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT