Jelang Libur Panjang, Pengelola Terminal Purabaya Antisipasi Kenaikan Penumpang

 

Terminal Purabaya Antisipasi Kenaikan Penumpang

Jelang libur panjang, yaitu libur sekolah, libur Natal dan Tahun Baru, pihak pengelola Terminal Purabaya, Bungurasih melakukan antisipasi kemungkinan lonjakan penumpang. FOTO: BISNISKINI/SHOLAITA

SURABAYA-BISNISKINI: Menjelang libur panjang, yaitu libur sekolah, libur Natal dan Tahun Baru, pihak pengelola Terminal Purabaya, Bungurasih mengaku telah mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang. Baik penumpang yang datang maupun yang bepergian ke tujuan menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).

Koordinator Operasional dan Keamanan Terminal Purabaya, Hardjo mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi libur panjang tahun ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pengusaha bus, mengantisipasi bila ada penumpukan penumpang. Mereka kami minta untuk menyediakan bus pariwisata jika penumpang membludak dan armada busnya kekurangan,” kata Hardjo, Kamis (07/12/2017).

Nantinya, Hardjo juga meminta jika bus pariwisata yang disiapkan tersebut haruslah armada yang bagus dan diberi surat insidentil. “Nantinya jumlah bus pariwisata yang kami minta fleksibel. Tahun kemarin ada 42 bus, kemungkinan tahun ini jumlahnya sama,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Hardjo, biasanya selama ini per hari di terminal Purabaya tersedia 1.100 bus dan beroperasi selama 24 jam penuh. Rute terdekat adalah Surabaya-Malang PP, dan jarak jauh ke wilayah Barat adalah pengantaran penumpang ke Medan. Sedangkan di pulau terjauh Bagian Indonesia Timur, Labuhan Bajo Flores.

“Tahun kemarin dari data kami, ada 62 ribu penumpang yang naik bus dari Purabaya Bungurasih. Tahun ini diprediksikan sama,” tukasnya sambil menyebut pihaknya juga menyediakan pos terpadu dari Pramuka, PMI dan tim keamanan gabungan. Ini untuk memberikan kenyamanan bagi calon penumpang. (SANDHI/AZT)

Ghufron Coba Tawarka
Sidak Prasarana Tran
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT