Hadapi Persaingan Hotel Bintang 3, Cendana Premiere Tawarkan Inovasi Booking

Cendana Premiere

Persaingan hotel bintang 3 menarik tamu, sangat ketat. Maka dibutuhkan inovasi. Tampak tamu yang menginap di Hotel Cendana Premiere, Surabaya. FOTO: BISNISKINI/SANDHI

SURABAYA-BISNISKINI: Persaingan di level hotel bintang 3 untuk menarik tamu, terutama di Kota Surabaya, sangat ketat. Menurut data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, jumlah hotel bintang 3 sekarang ada 40 persen dari total hotel berbintang di Surabaya dari sekitar 100 hotel yang ada.

“Untuk tingkat persaingan di industri hotel berbintang Surabaya memang sangat ketat. Terutama di hotel bintang 3 ke bawah,” kata Ketua PHRI Jatim, M Sholeh kepada Bisniskini.com, Kamis (07/12/2017).

Sementara untuk persaingan di hotel bintang 4 dan bintang 5 tidaklah terlalu ketat. Menurut Sholeh yang juga menjabat sebagai Direktur PT Hotel Bumikarsa Bidakara, urutan okupansi berdasarkan hotel bintang, hotel bintang 5 menempati peringkat pertama, peringkat kedua hotel bintang 4 dan hotel bintang 2 menempati peringkat tiga.

“Untuk hotel bintang 3 sendiri menempati peringkat empat dalam jumlah occupancy dan hotel bintang 1 di terakhir atau di peringkat 5,” ujarnya.

Asep Supardi, selaku Founder & President Direktur Laris Hotel & Resort Management mengatakan, optimis jika hotel Cendana Premiere yang baru saja beroperasi di bulan Desember ini akan memenuhi target okupansi atau tingkat keterisian.

“Kami beroperasi di hotel bintang 3 plus dan tidak hanya menjual room saja, tapi juga untuk wedding dan seminar. Target olupansi kami adalah 60 persen year to date mulai Januari hingga Desember tahun depan, karena di sini area kawasan tengah kota,” katanya.

Ia meneruskan, bicara bisnis hotel maka harus bisa bersaing dan memberikan harga kompetitif serta jangan takut kehilangan kostumer. Asep mengaku pihaknya sudah melakukan survei terlebih dahulu.

“Kompetitor pasti ada dan tinggal bagaimana mengantisipasi dengan melakukan inovasi. Dan sekarang kami membuat engine booking. Tamu bisa memesan sendiri melalui androidnya di jaringan hotel kami yang ada di 15 kota. Tinggal download di google aps,” katanya. (SANDHI/AZT)

Jelang Akhir Tahun 2
Rencana Bangun ‘Sc
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT