Peringati Hari Anti-Korupsi di DJP; Menkeu Sri Mulyani Ingatkan Soal Integritas

Tampak Menkeu Sri Mulyani di salah satu acara. Pada peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional di Kantor Pusat DJP, Sri Mulyani mengingatkan pentingnya menjaga integritas. FOTO: SETKAB RI

JAKARTA_BISNISKINI: Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengingatkan tentang pentingnya menjaga integritas pada peringatan Hari Anti-Korupsi Internasional di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Jakarta, Rabu (06/12/2017). “Kita harus terus menjaga integritas agar terhindar dari praktek korupsi,” katanya.

Menurut Sri Mulyani, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengelola uang dengan jumlah yang sangat besar. Nilainya mencapai ribuan triliun rupiah setiap tahun. Maka Menkeu menegaskan, tanpa integritas akan sulit mencapai pengelolaan keuangan yang baik.

DJP pun, lanjut Sri Mulyani, harus berupaya keras untuk melakukan reformasi menuju reputasi yang lebih baik. Hasilnya sudah terlihat, Menkeu pun memberikan angka tujuh sebagai tanda perubahan. “Sekarang nilainya sudah di angka tujuh,” tegasnya.

Menkeu Sri Mulyani juga berpesan agar seluruh pegawai DJP selalu menjaga integritasnya. “Integrity itu mengenai your value and dignity. Jadi, saya hanya akan mengatakan coba gali rasa Anda itu. Coba gali niat Anda itu. Jaga itu nurani dan niat Anda. Di situlah letak oasis anda. SOP kita bisa lakukan, segala kita bisa lakukan tapi kalau di dalam hati Anda itu sudah sifatnya transaksional, SOP bisa disulap. tegasnya. Be proud of your integrity,” pesan Menkeu di hadapan ratusan pegawai DJP.

Senada dengan Menkeu, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang menyatakan, integritas seharusnya menjadi suatu advantage bagi setiap individu. “Isu sesungguhnya adalah integrity advantage. Jadi, integritas Anda itu sebenarnya itu yang membedakan Anda dengan orang lain. Ketika orang tidak berintegritas ini kemudian muncul perilaku transaksional. Kenapa? Karena integritas itu ada hopeless di dalamnya. Semuanya ditransaksikan,” ungkap Saut Situmorang.

Menurutnya, tanpa integritas, semua sistem sebaik apapun akan dapat dimanipulasi. “Bahkan tanpa integritas, semua sistem dan peraturan sebaik apa pun dapat dimanipulasi. Dikasih SOP, SOP juga dimainin, dikasih e-budgeting, e-planning, server-nya dimatiin. Apa pun yang Anda bikin akan tetap bermasalah jika tanpa integritas,” pungkasnya. (CR-01/AZT)

Hingga Awal Desember
Didukung Perbaikan D
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT