Tahun 2018, PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Percepat Pelayanan Jaringan

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya berencana mengusahakan akselerasi atau percepatan untuk pelayanan pemasangan ke pelanggan tahun 2018 mendatang. FOTO: BISNISKINI/SANDHI

SURABAYA-BISNISKINI: Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya di tahun 2018 mendatang, berencana mengusahakan akselerasi atau percepatan untuk pelayanan pemasangan ke pelanggan.

Manajer Senior Pelayanan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Sayid Muhammad Iqbal kepada Bisniskini.com mengatakan, usaha tersebut guna mengejar kekurangan pelanggan sekitar 3,5 persen.

“Hingga kini, kami masih melayani pelanggan 96,5 persen. Sisanya kami akan berikan program kemudahan kepada pemasang air baru, agar semua warga masyarakat Surabaya dapat menikmati air bersih di rumah,” tegas Sayid Muhammad Iqbal, Selasa (14/11/2017).

Ia menuturkan, nantinya dalam program tersebut pihak PDAM Surya Sembada Kota Surabaya akan mempermudah pemasangan jaringan, terutama bagi warga miskin untuk pemberian pipa secara gratis.

Nantinya, lanjut Iqbal, pendaftaran baru akan diberlakukan survey lapangan sebagai parameter apakah warga yang memohon sebagai pelanggan baru tersebut layak diberikan pipa gratis.

Ia menguraikan, pasang baru sendiri ada dua kategori. Yaitu bila adanya jaringan maka bisa langsung dilakukan pemasangan baru dan tinggal disambungkan ke rumah pendaftar. Yang kedua, bila tidak ada jaringannya, maka harus diberlakukan jaringan baru. “Untuk membuat jaringan baru harganya kan mencapai puluhan juta rupiah. Untuk masyarakat miskin, maka jaringan tersebut gratis,” ujarnya.

Selain itu, Iqbal menambahkan jika pihaknya akan melakukan percepatan pasang master meter atau meter induk di lahan yang banyak dihuni warga tanpa status yang jelas. Seperti bagi warga yang mempunyai rumah tinggal di lokasi lahan milik Kereta Api.

“Pemasangan master meter di lokasi yang dekat dan dibuat di lahan resmi. Warga sekitar yang dekat lahan KA misalnya maka tinggal dialiri atau mengambil sendiri air ke tempat terdekat itu,” tukasnya. (SANDHI/AZT)

Pemerintah dan PLN G
Dukung Lingkungan, P
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT