Kemeriahan BEC 2017 Sedot Ribuan Atensi Masyarakat

BEC 2017

Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2017 mampu menyedot ribuan atensi masyarakat, dan turis mancanegara. FOTO: BISNISKINI/ERFAN

BANYUWANGI-BISNISKINI: Penyelenggaraan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2017 mampu menyedot ribuan atensi masyarakat, dan turis mancanegara. Parade busana berbalut konsep etno yang dipadukan dengan khasanah khas budaya lokal ini mengangkat keindahan Kawah Ijen sebagai tema utamanya, ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa wisatawan.

Bahkan dari pantuan tim Bisniskini.com, ada turis mancanegara yang khusus menyempatkan waktu untuk menghadiri dan menyaksikan even yang diselenggarakan secara tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ini.

Marvin Joseph misalnya, wisatawan asal Tajikistan ini mengaku sangat tertarik dengan parade yang ditampilkan pada gelaran BEC 2017.

“Kebetulan saya menggemari wisata kebudayaan, dan saya mengetahui melalui internet kebudayaan Indonesia sangat beragam. Hal inilah yang memutuskan saya untuk berwisata ke sini, dan kali ini merupakan kunjungan saya yang kedua,” katanya saat diwawancarai Bisniskini.com, Sabtu (11/11/2017).

Senada dengan Marvin, Irish Steeilona mengagumi keindahan yang ditawarkan oleh pesona alam Indonesia. “Saya sangat mencintai keindahan panorama alam di Indonesia, kota-kota seperti Bali, Lombok, dan kali ini Banyuwangi ternyata memiliki kecantikan yang berbeda, dan ditambah keramahan masyarakatnya membuat saya sangat menikmati setiap perjalanan ketika berada di sini,” ceritanya.

Sementara itu, Adelia salah satu pengunjung BEC 2017 menyatakan kebanggaannya akan penyelenggaraan even parade busana etno ini. Menurutnya, keberadaan BEC 2017 bisa mengangkat potensi, serta membawa dampak positif yang bisa dirasakan sektor lain.

“Tak hanya dari sektor pariwisata, dengan adanya acara seperti tentu berdampak pada para penjual cinderamata khas Banyuwangi, dan penjual kuliner. Sehingga, dari satu even saja, semua wilayah sektoral ekonomi dapat bergerak,” tutur mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Banyuwangi ini.

Ia juga menambahkan, pemda bisa menambah kuantitas even-even menarik seperti ini, tapi juga tak melupakan keterlibatan masyarakat lokal. “Semoga BEC tetap ada pada setiap tahun penyelenggaraan, kalau perlu ditambah lagi evennya biar masyarakat bisa menikmati hiburan sekaligus mengangkat perekonomian rakyat,” terangnya.(POUNDRA/ZAL)

Reaksi Turis Asing S
Triwulan III NPI Nai
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT