12 Mahasiswa Ceko Ajar Bahasa Inggris kepada Siswa SD Muhammadiyah 4 Surabaya

Mahasiswa Ceko

Pavla Machulikova ajarkan bahasa Inggris di kelas 3 SD Muhammadiyah 4. (FOTO: BISNISKINI/SANDHI)

SURABAYA-BISNISKINI: Guna lebih mengenalkan dialeg bahasa Inggris dari berbagai negara, Sekolah Dasar Muhammadiyah (SDM) 4 Surabaya menerima 12 mahasiswa dari University Of Colombo, Ceko. Kedatangan mereka selama 3 hari tersebut untuk mengajarkan bahasa Inggris beserta budaya Eropa.

Kepala Humas SD Muhammadiyah 4 Surabaya, Edi Purnomo mengatakan dengan kehadiran mahasiswa asal Ceko tersebut dapat menambah khasanah bahasa di sekolah yang berada dikawasan Pucang tersebut.

“Para mahasiswa ini memberikan pemahaman bahasa Inggris dan budaya Eropa khususnya negara Ceko. Mereka akan mengajar di kelas 3 sampai 6 hingga Kamis mendatang,” kata Edi kepada bisniskini.com, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, dengan pengajaran yang berbeda, siswa SDM 4 Surabaya dapat memahami dan terampil dengan aksentuasi bahasa atau dialek berdasarkan apa yang diajarkan para guru atau mahasiswa tersebut.

Ia menuturkan, sebelum kedatangan mahasiswa Ceko ini, telah banyak datang dari negara lain seperti Rusia, Australia, Jepang dan Cina.

Pavla Machulikova salah satu mahasiswa yang mengajar mengatakan jika pembelajaran tidak terlalu sulit. Karena speaking hanya pengucapan yang benar. Mulai penyebutan nama makanan dan budaya negara dunia.

“Hal ini cukup bagus bagi saya untuk mental dan belajar culture. Banyak perbedaan di sini dan di sana (negara Ceko red). Dan pembelajaran bahasa Inggris sudah menjadi hal yang wajar bagi siswa SD di sini. Kalau disana diajarkan sejak kelas 3,” katanya.

Pavla tidak sendiri, beberapa temannya juga datang ke SD Muhammadiyah di Pucang tersebut. Tidak hanya mengajar, salah satu temannya bahkan mengumpulkan bahan riset untuk studi masternya.

“Teman saya si Denis yang mengajar di kelas atas juga mengaku sedang mengerjakan tesis tentang siswa SD Indonesia yang kenal bahasa Inggris sejak dini,” ujarnya.

Guru bahasa Inggris SDM 4 Mega Firenda mengaku dirinya turut mendampingi selama mahasiswa tersebut mengajar. Menurutnya, dengan kedatangan mahasiswa asing ini lebih menarik karena siswa terlihat bersemangat.

“Saya hanya tinggal mengarahkan native speaker untuk membahas materi sesuai dengan yang sedang diajarkan. Kami bersama berdialog dan disesuaikan dengan tema yang diajarkan. Misalkan membicarakan clouds, bisa diarahkan ke perbedaan cuaca hingga membandingkan budaya di Ceko dan di Indonesia,” katanya.(CONT-01/Zal)

Pameran Fashion dan
Apple Luncurkan IPho

rizal@bisniskini.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT