Inilah Mercedes-AMG Project One, Hypercar Seharga 2,72 Juta Dollar AS

Mercedes-AMG Project One

Tongkrongan mobil Mercedes-AMG Project One yang hanya dibikin 275 unit. FOTO: SUMBER DARI BUSINESS INSIDER

FRANKFURT-BISNISKINI: Siapa tak berdecak kagum melihat tongkrongan hypercar hybrid super-mewah, Mercedes-AMG Project One. Didukung mesin berbasis Formula 1 atau setara dengan power 1.000 tenaga kuda, Mercedes-AMG Project One ini hanya dibuat 275 unit, dengan harga 2,72 juta dollar AS per unit atau sekitar Rp 36 miliar.

Seperti dikutip dari Business Insider Singapura, Senin (11/09/2017) waktu setempat, ‘jet darat’ Mercedes-AMG itu mulai diperlihatkan konsep matangnya ke publik, yang sudah lama menanti menjelang gelaran Frankfurt Motor Show 2017. Project One memang dikemas dengan teknologi mobil Formula 1.

“Motorsport bukanlah tujuan akhir bagi kami. Dihadapkan pada persaingan ketat, kami mengembangkan teknologi terkini, agar kendaraan produksi kami juga akan menguntungkan. Kami memanfaatkan pengalaman dan kesuksesan kami dengan teknologi Formula 1 ke jalan. Untuk pertama kalinya di Mercedes-AMG Project One,” kata pimpinan Mercedes-Benz, Dr Dieter Zetsche dalam sebuah pernyataan.

Inti dari mobil Project One ini adalah unit penggerak hibrida, yang diadopsi langsung dari Formula 1 Mercedes. Secara total, unit penggerak dapat menghasilkan power lebih dari 1.000 tenaga kuda. Sistem ini terdiri dari mesin 1.6 liter, turbocharged V6 dengan garis merah atmosfer 11.000 RPM.

Di lingkaran Formula 1, motor listrik ini disebut Motor Generator Unit Kinetic atau MGU-K. Mesin dan duo MGU-K menggerakkan roda belakang sambil menghasilkan lebih dari 670 tenaga kuda. Mesin ini memiliki desain turbocharger split yang menjaga gas buang gas.

Selain itu, Mercedes memasang dua motor listrik, masing-masing menghasilkan lebih dari 161 tenaga kuda, di as roda depan, sehingga memberikan sistem penggerak roda all-wheel-drive virtual, dengan kemampuan penyempitan torsi yang benar. Project One diklaim bisa mencapai 124 mph dalam waktu kurang dari enam detik, dan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 217 mph.

Semua teknologi Formula Satu yang canggih ini hadir dengan harga tertentu. Proyek One dimulai 2,72 dollar AS, dan mobil produksi diperkirakan tiba sekitar tahun 2019. Sayangnya, jika belum memesan, Anda mungkin sudah terlambat. Kabarnya, 275 produksi Mercedes-AMG Project Ones sudah habis dipesan. (BIS/AZT)

OJK Dorong Sektor Pe
Kripik Ceker Ayam
Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT